Thursday, April 18, 2013

PRAKTEK MANAJEMEN KEPERAWATAN RSUD AL - IHSAN BANDUNG

Praktek Manajemen Keperawatan
Program Profesi Ners
STIKES Jenderal Achmad Yani Cimahi
(18 Maret 2013 - 16 April 2013)

Peningkatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan meningkatkan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas termasuk keperawatan yang profesional. Tuntunan terhadap kualitas pelayanan keperawatan dirasakan sebagai fenomena yang harus direspon oleh rumah sakit sebagai penyelenggaran pelayanan. Rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu dan berorientasi pada kebutuhan klien.
Peningkatan mutu pelayanan merupakan suatu indikator untuk keberhasilan rumah sakit, dipengaruhi oleh mutu pelayanan keperawatan yang diberikan, karena profesi perawat merupakan kelompok terbesar dari profesi tenaga kesehatan lainnya dirumah sakit. Perawat berperan langsung dengan memberikan asuhan keperawatan pada klien selama 24 jam secara terus menerus dan berkesinambungan. Untuk itu perawat dituntut dapat melakukan asuhan keperawatan yang profesional sesuai dengan standar keperawatan yang berlaku.
Dalam memberikan pelayanan kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) didukung oleh beberapa unit palayanan antara lain; instalasi gawat daruruat 24 jam, apotek 24 jam, Intensive Care Unit, unit diagnostik (radiologi, USG, MRI, dan laboratorium), unit rawat jalan, dan unit rawat inap yang salah satunya adalah ruang perawatan bedah (Zaitun II).
Ruang perawatan Bedah (Zaitun II) merupakan unit rawat inap untuk anak dan dewasa dengan kasus penyakit bedah. Ruang perawatan bedah (Zaitun II) memiliki karakteristik yang berbeda dengan unit rawat inap lainya.  Hal ini dikarenakan pelayanan asuhan keperawatan yang diberikan telah menerapkan program Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP) ditunjukan kepada seluruh individu yang unik dan sedang dalam proses perawatan, selain itu individu memiliki keterikatan dan ketergantungan kepada keluarganya sehingga asuhan keperawatan yang diberikan harus berpusat pada keluarga dan perawatan yang terapeutik.
Uraian diatas melatarbelakangi penulis untuk mengetahui lebih lanjut tentang gambaran penerapan manajemen asuhan keperawatan di ruang Bedah Zaitun II Rumah Sakit Umum Daerah Al-Ihsan Bandung.

Dokumentasi kegiatan



Terimakasih untuk Perawat Ruang Zaitun II Bedah, untuk Pak. Iif Arif R, AMK & ibu Sri Atun, AMK yang telah banyak membantu kami mulai dari pengumpulan dan pengolahan data sampai pada tahap POA dan implementasi.
Kelompok 8 Program Profesi Ners Praktek Manajemen Keperawatan :
- Anajem - Umy RS - Melinda - Aghnia Bekok - Edi Soepono - Bagus O'Bos - Santos DC - Babeh Yansen - Yoka - Delly Bangedz - 

No comments:

Post a Comment

Anatomi Fisiologi Reproduksi Wanita

Sistem reproduksi manusia baik pria maupun wanita memiliki struktur organ internal dan eksternalnya masing- masing. Setiap organ dalam sist...