Sunday, January 20, 2013

ASKEP Rupture Tendon Achilles

Pengertian
Tendon Achilles tendon kuat dan tebal di dalam tubuh dan melayani beberapa fungsi utama dalam tubuh. Ini kira-kira sekitar 15 cm (5,9 inci) panjang dan mulai dekat bagian tengah betis. Hal ini memainkan peran penting dalam biomekanik dari ekstremitas bawah. kontraktor otot betis yang mengangkat tumit oleh tendon yang menghasilkan tindakan kaki yang merupakan dasar untuk berjalan, berlari, melompat, dll dapat menahan kekuatan besar, khususnya selama latihan olahraga dan lebih khusus lagi gerakan yang melibatkan gerakan berputar.
Robek, pecah atau terputusnya tendon. Tendon merupakan jaringan fibrosa di bagian belakang pergelangan kaki yang menghubungkan otot betis dengan tulang tumit.

Etiologi
  1. Penyakit tertentu, seperti arthritis dan diabetes
  2. Obat-obatan, seperti kortikosteroid dan beberapa antibiotik yang dapat meningkatkan risiko pecah
  3. Cedera dalam olah raga, seperti melompat dan berputar pada olah raga badminton, tenis, basket dan sepak bola
  4. Trauma benda tajam atau tumpul pada bawah betis 
Faktor Resiko
Orang-orang yang biasa jatuh korban pecah Achilles atau robek termasuk atlet rekreasi, orang-orang usia tua, air mata Achilles tendon sebelumnya atau pecah, suntikan tendon sebelumnya atau penggunaan kuinolon, perubahan ekstrim dalam intensitas pelatihan atau tingkat aktivitas, dan partisipasi dalam aktivitas baru.
Sebagian besar kasus pecah Achilles tendon yang traumatis olahraga cedera. Umur rata-rata pasien adalah 30-40 tahun dengan rasio laki-perempuan hampir 20:1. antibiotik fluorokuinolon, seperti ciprofloxacin, dan glukokortikoid telah dikaitkan dengan peningkatan risiko pecah Achilles tendon. Suntikan steroid langsung ke tendon juga telah dikaitkan dengan pecah.
Kuinolon telah dikaitkan dengan Achilles tendinitis dan ruptur tendon Achilles untuk beberapa waktu sekarang. Kuinolon adalah agen-agen antibakteri yang bertindak pada tingkat DNA dengan DNA girase menghambat. DNA girase merupakan enzim yang digunakan untuk bersantai DNA beruntai ganda yang penting untuk Replikasi DNA. Kuinolon adalah khusus dalam fakta bahwa ia dapat menyerang DNA bakteri dan mencegah mereka dari replikasi dengan proses ini, dan sering diresepkan untuk lansia. Sekitar 2% sampai 6% dari semua orang tua di atas usia 60 yang telah memiliki Achilles pecah dapat dikaitkan dengan penggunaan kuinolon.

Klasifikasi
Tendon Achilles berasal dari gabungan tiga otot yaitu gastrocnemius, soleus, dan otot plantaris. Pada manusia, letaknya tepat di bagian pergelangan kaki. Tendon Achilles adalah tendon tertebal dan terkuat pada tubuh manusia. Panjangnya sekitar 15 cm, dimulai dari pertengahan tungkai bawah. Kemudian strukturnya kian mengumpul dan melekat pada bagian tengah-belakang tulang calcaneus.

Patofisiologi
Wilayah degenerasi dapat mempengaruhi pasien pecah Achilles tendon (misalnya, dari tendonitis kronis atau tendinopathy), atau sebelum suntikan kortison dapat menyebabkan pecah tendon. Wilayah degenerasi dapat mempengaruhi Pasien Pecah Achilles tendon (misalnya, tendonitis Dari kronis tendinopathy atau), at suntikan kortison atau dapat menyebabkan tendon Pecah. patofisiologi umum dari sindrom terlalu sering berlaku untuk cedera Achilles berlebihan. patofisiologi Umum Dari Sindrom Terlalu Sering Berlaku untuk cedera Achilles berlebihan

Prosedur Diagnostik
Muskuloskeletal USG dapat digunakan untuk menentukan ketebalan tendon, karakter, dan kehadiran air mata. Ia bekerja dengan mengirimkan frekuensi yang sangat tinggi suara melalui tubuh Anda. Beberapa suara yang dipantulkan kembali dari ruang antara cairan interstisial dan jaringan lunak atau tulang. Gambar-gambar ini tercermin dapat dianalisis dan dihitung ke dalam gambar. Gambar-gambar ini diambil secara real time dan dapat sangat membantu dalam mendeteksi pergerakan tendon dan memvisualisasikan luka atau mungkin air mata. Perangkat ini membuatnya sangat mudah untuk menemukan kerusakan struktural untuk jaringan lunak, dan metode yang konsisten untuk mendeteksi jenis cedera ini.

Terapi Penatalaksanaan
Ada tiga hal yang perlu diingat saat merehabilitasi sebuah Achilles pecah: 
* rentang gerak, 
* kekuatan fungsional, 
* dan kadang-kadang dukungan orthotic. 
Rentang gerak ini penting karena dibutuhkan ke dalam pikiran ketatnya tendon diperbaiki. Ketika awal rehabilitasi pasien harus melakukan peregangan ringan dan meningkatkan intensitas sebagai waktu mengizinkan dan nyeri. Puting stres linier pada tendon ini penting karena merangsang perbaikan jaringan ikat, yang dapat dicapai saat melakukan "peregangan pelari," (menempatkan jari-jari kaki beberapa inci sampai dinding sementara tumit Anda ada di tanah). Melakukan peregangan untuk mendapatkan kekuatan fungsional juga penting karena meningkatkan penyembuhan pada tendon, yang pada gilirannya akan menyebabkan kembali cepat untuk kegiatan. Peregangan ini harus lebih intens dan harus melibatkan beberapa jenis berat bantalan, yang membantu reorientasi dan memperkuat serat kolagen di pergelangan kaki terluka. Sebuah hamparan populer digunakan untuk tahap rehabilitasi adalah menaikkan kaki pada permukaan yang tinggi. Pasien adalah untuk mendorong ke jari kaki dan lebih rendah nya diri sejauh mungkin ke bawah dan ulangi beberapa kali. Bagian lain dari proses rehabilitasi adalah dukungan orthotic. Ini tidak ada hubungannya dengan peregangan atau memperkuat tendon, melainkan di tempat untuk menjaga pasien nyaman. Ini adalah menyisipkan dibuat custom yang sesuai ke dalam sepatu pasien dan membantu dengan pronasi tepat kaki, yang merupakan yang dapat menyebabkan masalah dengan Achilles.

Asuhan Keperawatan
Pengkajian
Tanda dan Gejala
  1. Rasa sakit mendadak dan berat dapat dirasakan di bagian belakang pergelangan kaki atau betis
  2. Terlihat bengkak dan kaku serta tampak memar dan kelemahan
  3. Sebuah kesenjangan atau depresi dapat dilihat di tendon sekitar 2 cm di atas tulang tumit
  4. Tumit tidak dapat digerakan turun atau naik
Pemeriksaan Penunjang
  1. Pergerakan otot dan tumit, jika pergerakan tersebut lemah atau tidak ada maka dicurigai cedera tendon Achilles
  2. Pemeriksaan dengan sinar-X
Perencanaan
Tujuan pengobatan adalah untuk mengembalikan ke keadaan normal dan memungkinkan pasien untuk melakukan apa yang dapat dilakukan sebelum cedera.
Rencana Tindakan
Tindakan pembedahan dapat dilakukan, dimana ujung tendon yang terputus disambungkan kembali dengan teknik penjahitan. Tindakan pembedahan dianggap paling efektif dalam penatalaksanaan tendon yang terputus.
Tindakan non pembedahan dengan orthotics atau theraphi fisik. Tindakan tersebut biasanya dilakukan untuk non atlit karena penyembuhanya lama atau pasienya menolak untuk dilakukan tindakan operasi.
INTERVENSI
RASIONAL
1. Kaji lokasi, intensitas dan derajat nyeri.
2. Berikan posisi yang nyaman.
3. Berikan kasur busa atau bantal air pada bagian yang nyeri.
4. Ajarkan teknik relaksasi dan distraksi.
5. Kolaborasi pemberian aspirin.
1. Membantu dalam menentukan kebutuhan manajemen nyeri dan keafektifan program.
2. Pada penyakit berat / eksaserbasi, tirah baring mungkin diperlukan untuk membatasi nyeri.
3. Mengistirahatkan sendi-sendi yang sakit dan mempertahankan posisi netral.
4. Meningkatkan relaksasi / mengurangi tegangan otot.
5. Aspirin bekerja sebagai anti dan efek analgetik ringan dalam mengurangi kekakuan dan meningkatkan mobilitas.

INTERVENSI
RASIONAL
  1. Evaluasi laporan kelemahan, perhatikan ketidak mampuan untuk berpartisipasi dalam aktifitas sehari-hari
  2. Berikan lingkungan tenang dan periode istirahat tanpa gangguan
  3. Pertahankan istirahat tirah baring / duduk jika diperlukan
  1. Berikan lingkungan yang aman
  2. Kajian keterbatasan klien dalam peraatan diri.
  3. Pertahankan mobilitas, control terhadap nyeri dan program latihan.
  4. Kaji hambatan terhadap partisipasi dan perawatan diri.
  5. Konsul dengan ahli terapi okulasi.
1.    Klien menunjukkan kelemahannya berkurang dan dapat melakukan aktifitasnya
2.    Menghemat energi untuk aktifitas
3.    Istirahat sistemik dianjurkan selama eksaserbasi dan seluruh fase penyakit yang penting mencegah kelemhan
4.    Menghindari cedera akibat kecelakaan
5.    Mungkin dapat melanjutkan aktifitas umum dengan melakukan adaptasi yang dilakukan pada saaat ini.
6.    Mendukung kemandirian fisik / emosional.
7.    Menyiapkan untuk meningkatkan kemandirian, yang akan meningkatkan harga diri.
8.    Berguna untuk menentukan alat bantu utnuk memenuhi kebutuhan individu

Implementasi
Variasi dasar mencakup pengobatan konservatif seperti aplikasi cast, penggunaan walker [ROM] range-of-gerak, relatif mobilisasi dini, dan mobilisasi terlambat, antara lain. Pilihan Bedah termasuk perbaikan terbuka, teknik mini-terbuka, dan perbaikan perkutan, beberapa di antaranya dilakukan dengan anestesi lokal.
Simak
Baca secara fonetik
Baca secara fonetik

Evaluasi
Meskipun tendon Achilles tendon terkuat dalam tubuh manusia, juga tendon yang paling umum untuk pecah. Spiralisation serat tendon area menghasilkan stres terkonsentrasi dan menganugerahkan keunggulan mekanis. Pemasangan Achilles tendon di kalkaneus karena khusus dan dirancang untuk membantu disipasi stres dari tendon ke calcaneum tersebut. Pasokan darah tendon dari persimpangan musculotendinous, kapal dari sekitarnya jaringan ikat, dan persimpangan osteotendinous. Tendon Achilles berasal dari persarafan saraf sural dengan pasokan lebih kecil dari saraf tibialis (bagian dari saraf siatik). Tenocytes memproduksi kolagen tipe I dan membentuk 90% dari komponen selular dari tendon normal.

Daftar Pustaka
Syaifuddin, Drs.H (1997). Anatomi Fisiologi untuk Mahasiswa Keperawatan. Edisi 2. Penerbit Buku Kedokteran. EGC, Jakarta.
Syaifuddin, Drs.H (2002). Anatomi Fisiologi untuk Mahasiswa Keperawatan. Edisi 3. Penerbit Buku Kedokteran. EGC, Jakarta.
Anderson Silvia Prince. (1996). Patofisiologi Konsep Klinik Proses-proses Penyakit. Penerbit Buku Kedokteran. EGC, Jakarta.
John Gibson,MD. (1995). Anatomi dan Fisiologi Modern untuk Perawat. Penerbit Buku Kedokteran. EGC, Jakarta
Evelyn C.Pearce. (2002). Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Ronald McRae.(2006). Pocketbook of Orthopaedics and Fractures. Second Edition. Departemen in Philadelphia, USA

No comments:

Post a Comment

Anatomi Fisiologi Reproduksi Wanita

Sistem reproduksi manusia baik pria maupun wanita memiliki struktur organ internal dan eksternalnya masing- masing. Setiap organ dalam sist...