Thursday, September 6, 2012


HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSI ANAK USIA PRASEKOLAH
-ABSTRAK-
Anak adalah individu yang berbeda dalam perkembangannya. Setiap anak yang dilahirkan telah membawa karakter dan sifatnya sendiri. Termasuk juga telah membawa kecerdasan emosional yang dikenal sebagai Emotional Question yang akan sangat mempengaruhi kepribadian, bahkan dapat juga mempengaruhi keberhasilan atau kegagalannya. Orang tua bersama para pendidik dan lingkungan berperan dalam proses tumbuh kembang anak dan mengembangkan potensi kecerdasan emosi anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosi anak usia prasekolah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 47 responden, terdiri dari orang tua dan anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner pola asuh orang tua dan lembar observasi kecerdasan emosi anak prasekolah. Analisa data dilakukan dengan dua tahap yaitu analisa univariat (distribusi frekuensi) dan analisa bivariat (Chi Square).
Hasil analisa univariat mengenai pola asuh orang tua didapatkan sebagian besar responden menggunakan pola asuh demokratis yaitu 33 orang tua (70,2%) dan 32 anak (68,1%) kecerdasan emosinya tinggi. Dari hasil uji statistik diperoleh adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosi anak usia prasekolah dengan nilai p value = 0,010.
Saran untuk pihak sekolah diharapkan agar pihak sekolah dapat memberikan informasi kepada orang tua tentang kecerdasan emosi pada anak usia prasekolah agar kecerdasan emosi anak dapat berkembang sesuai perkembangannya.

No comments:

Post a Comment

Anatomi Fisiologi Reproduksi Wanita

Sistem reproduksi manusia baik pria maupun wanita memiliki struktur organ internal dan eksternalnya masing- masing. Setiap organ dalam sist...