Thursday, July 2, 2015

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT DALAM PEMBUATAN INCIDENT REPORT

Poster Ilmiah Keperawatan
GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT DALAM PEMBUATAN INCIDENT REPORT
DI SILOAM HOSPITALS PURWAKARTA
TAHUN 2015
RISET PENELITIAN
Oleh: Sebastiana, Ragil Liana, Rudi Setiawan
Untuk menjaga keselamatan pasien telah dikeluarkan Kepmen nomor 496/Menkes/SK/IV/2005 tentang Pedoman Audit Medis di Rumah Sakit, yang tujuan utamanya adalah untuk tercapainya pelayanan medis prima di rumah sakit yang jauh dari medical error dan memberikan keselamatan bagi pasien. Perkembangan ini diikuti oleh Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia(PERSI) yang berinisiatif melakukan pertemuan dan mengajak semua stakeholder rumah sakit untuk lebih memperhatian keselamatan pasien di rumah sakit.
Rumah Sakit  harus merancang proses baru atau memperbaiki proses yang telah ada, memonitor & mengevaluasi kinerja melalui pengumpulan data, menganalisis secara intensif kejadian – kejadian yang tidak diharapkan, dan melakukan perubahan untuk meningkatkan kinerja dan keselamatan pasien.
Terdapat penurunan jumlah pelaporan Incident Report pada bulan Desember, sedangkan pada bulan Januari 2015 terdapat 199 laporan, februari : 158 laporan. 
Berdasarkan uraian di atas, penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian yang dengan judul “Gambaran tingkat pengetahuan perawat dalam pembuatan Incident Report di Siloam Hospitals Purwakarta”.

PEMBAHASAN
Banyak responden memiliki pengetahuan baik hal ini dipengaruhi oleh pendidikan. Dalam memberikan suatu respon tertentu yang datang dari luar salah satu faktornya adalah tingkat pendidikan seseorang. Semakin tinggi jejang pendidikan seseorang maka tingkat besar keinginan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilannya. Tingkat pendidikan seseorang akan berpengaruh dalam memberi respon yang datang dari luar. Orang yang berpendidikan tinggi akan memberi respon yang lebih   rasional terhadap informasi yang datang. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Anugrarini (2010) mengungkapkan ada hubungan yang signifikan antara pendidikan dengan kepatuhan perawat dalam menerapkan pedoman keselamatan pasien.

SARAN
1.        Bagi Rumah Sakit
Pengetahuan perawat mengenai pembuatan insiden report sudah cukup baik, namun hanya mencapai setengah dari jumlah keseluruhan perawat. Pemahaman yang benar dalam pembuatan Inciden Report menjadi tanggunga jwaab rumah sakit untuk lebih meningkatkan kesadaran perawat.diharapkan pembuatan program- program pendidikan tentang Inciden Report dapat diadakan dengan materi yang lebih mendalam
2.      Bagi profesi keperawatan
Diharapkan  sebagai bahan masukan untuk meningkatkan pengetahuan perawat dalam pembuatan incident report
by: Sebastiana Jempormase

No comments:

Post a Comment

Anatomi Fisiologi Reproduksi Wanita

Sistem reproduksi manusia baik pria maupun wanita memiliki struktur organ internal dan eksternalnya masing- masing. Setiap organ dalam sist...